Rabu, 28 September 2016

APLIKASI SISTEM ORGANISASI



       APLIKASI SISTEM ORGANISASI

Oleh:

NURDIN
       APAKAH ORGANISASI ITU?
q   Suatu sistem terbuka bersifat sosioteknik, terdiri  dari sejumlah subsistem yang berinteraksi secara kontinu dengan supra sistem lingkungannya;
q   Menurut Cyril Soffer (2004) organisasi adalah perserikatan orang-orang yang masing-masing diberi peran tertentu dalam suatu system kerja dan pembagian kerja yang diperinci menjadi tugas-tugas, dibagikan kemudian digabung lagi dalam beberapa bentuk hasil.
q   Menurut Kast& Rosenzweig (2002) organisasi adalah sub system teknik, sub system structural, sub system pshikososial dan sub system manajerial dari lingkungan yang lebih luas dimana ada kumpulan orang-orang berorenteasi pada tujuan.
q   Stoner (2003) organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan melalui orang-orang di bawah pengarahan atasan dalam mengejar tujuan bersama.

        UNSUR-UNSUR SISTEM ORGANISASI
        Terdapat Goal Oriented;
        Sistem Psikososial;
        Sistem Teknikal;
        Intergrasi Terstruktur.
        PERKEMBANGAN ORGANISASI
       ORGANISASI KLASIK/ TRADISIONAL (Frederick Taylor (1911), Henry Fayol, Max Weber, Ralph C. Davis)
       ORGANISASI NEO KLASIK; (Elton Mayo (1927), Hawthorne, Chester Barnard)
       ORGANISASI MODERN. (Herbert Simon, Joan Woodward dan Charles Perrow 1960)
                         BENTUK ORGANISASI KLASIK:
Ø Scientific Management;
Ø Administrative Management;
Ø Micro Economics;
Ø Public Administration.
       STRUKTUR
       Struktur adalah relasi diantara berbagai fungsi atau aktivitas dalam suatu organisasi.
       struktur dasar organisasi menggambarkan pola mengenai tugas-tugas yg dikerjakan, dan relasi-relasi yang perlu diketahui para anggota organisasi.
       struktur organisasi harus:
       1. seimbang (balance);
       2. sesuai dengan tujuan dan operasi organisasi
           HIERARKHI
           Hierarkhi adalah konsep relasi-relasi hierarkis yang terbagi dalam unit-unit yang lebih kecil.
           prinsip Scalar menyangkut divisi vertikal  mengenai authority (kekuasaan/kewenangan) dan responsibility (tanggungjawab) dan penugasan pada unit terkecil.
           Hierarkhi menjadi natural orde (tatanan alamiah) yang melihat similaritas (kesamaan) dalam aspek fundamental  bagi teori organisasi maupun teori sistem.
                          AUTHORITY
             Authority adalah kapasitas untuk menguasai (superior) para subordinat (bawahan) berdasarkan posisi formal dan mengontrol ketentuan-ketentuan, dan sanksi yang berlaku.
             Authority merupakan alat untuk mengintegrasikan aktivitas para anggota organisasi terhadap tujuan yang hendak dicapai, dan merupakan dasar bagi pengarahan dan pengawasan yang disentralisasikan.
       SPESIALISASI

       Spesialisasi sering dihubungkan dengan konsep departementasi atau divisi organisasi ke dalam unit-unit spesial yang ditugaskan melaksanakan fungsi-fungsi tertentu.
                           SPAN OF CONTROL
       Konsep ini berhubungan dengan sejumlah subordinat (bawahan) yang dapat disupervisi oleh seorang superior (atasan) secara efektif.
       Fungsi garis dan staf adalah untuk menegaskan hierarkhi hubungan dengan kekuasaan dan kewenangan serta tugas bawahan yang lebih spesifik agar mudah dikontrol oleh supervisor.
       Tahapan Implementasi Line and Staf:
              Merumuskan tujuan umum organisasi;
              Identifikasi tugas-tugas untuk mencapai tujuan;
              Mengelompokan tugas ke dalam unit-unit;
              Menyebarluaskan tugas dalam job deskripsi detail;
              Membentuk departemen tingkat pusat (top level)
         ORGANISASI NEO KLASIK
Perkembangan Organisasi Neo klasik ditandai dengan gerakan “Human Relation”, yang mengarahkan pada interyeksi (penyisipan) motivasi-motivasi, aspirasi, keinginan dan limitasi manusia ke dalam model tradisional yang mekanistik.


                         ORGANISASI MODERN
Teori Organisasi Modern erat kaitannya dengan teori umum tentang sistem yang mengarahkan suatu unsur spesial dari teori umum ke sistem-sistem dengan memperhatikan investigasi (penjajagan) dan performance (perilaku) organisasi sebagai suatu keseluruhan yang terintegrasi.
                         PANDANGAN ORGANISASI MODERN
ü  PANDANGAN INTEGRATIF
          Memandang bahwa organisasi sebagai sistem sosiotechnical yang terbuka, terdiri dari sejumlah subsistem.
         SISTEM ORGANISASI

         SUB SISTEM ORGANISASI INTERNAL
             Tujuan dan Nilai;
             Subsistem Technical;
             Subsistem Psikososial;
             Struktur Organisasi;
             Sub sistem manajerial.






      



EmoticonEmoticon