• APLIKASI SISTEM ORGANISASI
Oleh:
NURDIN
Oleh:
NURDIN
•
APAKAH ORGANISASI ITU?
q Suatu sistem terbuka bersifat sosioteknik, terdiri dari sejumlah subsistem yang berinteraksi
secara kontinu dengan supra sistem lingkungannya;
q Menurut Cyril Soffer (2004) organisasi adalah
perserikatan orang-orang yang masing-masing diberi peran tertentu dalam suatu
system kerja dan pembagian kerja yang diperinci menjadi tugas-tugas, dibagikan
kemudian digabung lagi dalam beberapa bentuk hasil.
q Menurut Kast& Rosenzweig (2002) organisasi adalah
sub system teknik, sub system structural, sub system pshikososial dan sub
system manajerial dari lingkungan yang lebih luas dimana ada kumpulan
orang-orang berorenteasi pada tujuan.
q Stoner (2003) organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan
melalui orang-orang di bawah pengarahan atasan dalam mengejar
tujuan bersama.
•
UNSUR-UNSUR SISTEM
ORGANISASI
•
Terdapat Goal
Oriented;
•
Sistem Psikososial;
•
Sistem Teknikal;
•
Intergrasi
Terstruktur.
•
PERKEMBANGAN
ORGANISASI
• ORGANISASI KLASIK/ TRADISIONAL (Frederick Taylor
(1911), Henry
Fayol, Max Weber, Ralph C. Davis)
• ORGANISASI NEO KLASIK; (Elton Mayo (1927), Hawthorne, Chester
Barnard)
• ORGANISASI MODERN. (Herbert Simon, Joan
Woodward dan Charles Perrow 1960)
•
BENTUK ORGANISASI
KLASIK:
Ø Scientific Management;
Ø Administrative Management;
Ø Micro Economics;
Ø Public Administration.
STRUKTUR
Struktur adalah relasi diantara berbagai
fungsi atau aktivitas dalam suatu organisasi.
struktur dasar organisasi menggambarkan
pola mengenai tugas-tugas yg dikerjakan, dan relasi-relasi yang perlu diketahui
para anggota organisasi.
struktur organisasi harus:
1. seimbang (balance);
2. sesuai dengan tujuan dan operasi
organisasi
HIERARKHI
Hierarkhi adalah konsep relasi-relasi
hierarkis yang terbagi dalam unit-unit yang lebih kecil.
prinsip Scalar menyangkut divisi
vertikal mengenai authority
(kekuasaan/kewenangan) dan responsibility (tanggungjawab) dan penugasan pada
unit terkecil.
Hierarkhi menjadi natural orde
(tatanan alamiah) yang melihat similaritas (kesamaan) dalam aspek
fundamental bagi teori organisasi maupun
teori sistem.
•
AUTHORITY
Authority adalah kapasitas untuk menguasai (superior)
para subordinat (bawahan) berdasarkan posisi formal dan mengontrol
ketentuan-ketentuan, dan sanksi yang berlaku.
Authority merupakan alat untuk
mengintegrasikan aktivitas para anggota organisasi terhadap tujuan yang hendak
dicapai, dan merupakan dasar bagi pengarahan dan pengawasan yang
disentralisasikan.
SPESIALISASI
Spesialisasi
sering dihubungkan dengan konsep departementasi atau divisi organisasi ke dalam
unit-unit spesial yang ditugaskan melaksanakan fungsi-fungsi tertentu.
•
SPAN OF CONTROL
Konsep ini berhubungan dengan sejumlah subordinat
(bawahan) yang dapat disupervisi oleh seorang superior (atasan) secara efektif.
Fungsi garis
dan staf adalah untuk menegaskan hierarkhi hubungan dengan kekuasaan dan
kewenangan serta tugas bawahan yang lebih spesifik agar mudah dikontrol oleh
supervisor.
Tahapan
Implementasi Line and Staf:
•
Merumuskan tujuan
umum organisasi;
•
Identifikasi
tugas-tugas untuk mencapai tujuan;
•
Mengelompokan tugas
ke dalam unit-unit;
•
Menyebarluaskan
tugas dalam job deskripsi detail;
•
Membentuk
departemen tingkat pusat (top level)
•
ORGANISASI NEO
KLASIK
Perkembangan Organisasi Neo klasik ditandai dengan gerakan “Human
Relation”, yang mengarahkan pada interyeksi (penyisipan) motivasi-motivasi,
aspirasi, keinginan dan limitasi manusia ke dalam model tradisional yang
mekanistik.
•
ORGANISASI MODERN
Teori Organisasi Modern erat kaitannya dengan teori umum tentang sistem
yang mengarahkan suatu unsur spesial dari teori umum ke sistem-sistem dengan
memperhatikan investigasi (penjajagan) dan performance (perilaku) organisasi
sebagai suatu keseluruhan yang terintegrasi.
•
PANDANGAN
ORGANISASI MODERN
ü PANDANGAN INTEGRATIF
Memandang
bahwa organisasi sebagai sistem sosiotechnical yang terbuka, terdiri dari
sejumlah subsistem.
•
SISTEM ORGANISASI
•
SUB SISTEM
ORGANISASI INTERNAL
•
Tujuan dan Nilai;
•
Subsistem
Technical;
•
Subsistem
Psikososial;
•
Struktur
Organisasi;
•
Sub sistem
manajerial.
EmoticonEmoticon